• SMP NEGERI 20 KOTA BEKASI
  • Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan

Sambutan Kepala SMP Negeri 20 Bekasi Untuk Siswa Kelas 9 Tahun Pelajaran 2019/2020

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Segala puji bagi Allah SWT penguasa langit dan bumi yang memiliki kesempurnaan dan telah menempatkan rahmat dan hidayah-Nya serta telah membukakan pintu hati dalam menyusuri nilai-nilai kebenaran dan keagungan ilmu pengetahuan. Shalawat dan salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Allah Muhammad SAW, yang telah menyelamatkan kita dari zaman jahiliyah menuju zaman zakariyah/ kemajuan.

 

Tema Pelepasan Tahun Pelajaran 2019/2021 :

 

"Jadilah generasi muda yang Cerdas, inspiratif, kratif , inovatif dan berakhlak mulia, Semoga kesuksesan selalu bersama dalam meraih masa depan".

 

Tema ini mempunyai harapan dan keinginan dari guru dan orang tua  untuk para siswa yang akan meninggalkan SMPN 20 tercinta ini agar tetap jaga silaturahmi walaupun kalian sudah menjadi pejabat maupun sudah mempunyai kehidupan yang lebih dari bapak ibu guru tetap hubungan anatara guru dan siswa, karena guru  dan siswa tidak ada bekasnya.

 

Dalam proses globalisasi yang kita alami bersama seiring dengan perkembangan kemajuan di era melianial revolusi industri 4.0. Sekolah berperan di dalam menyikapi tuntutan perubahan di masyarakat tersebut. Tuntutan-tuntutan tersebut tentunya tidak dapat lepas dari tuntutan pendidikan, termasuk juga pendidikan dasar, yang layak bagi masyarakat luas, karena untuk berkompetisi secara global, kita perlu memiliki SDM yang terlatih dan berkualitas untuk dapat ikut bersaing di era global yang ada. 

 

Aspek-aspek tersebut merupakan tantangan dengan dinamika bagi lembaga pendidikan, termasuk tentunya bagi SMPN 20 Bekasi. Kalau kita melihat ke belakang, tantangan tersebut  tampaknya sudah dihadapi dan disikapi oleh 7 Kepala Sekolah terdahulu, mulai dari Bapak Eman Sulaeman, Bapak Adang Komara, Bapak Kustaman, Bp. H. Ery Zakaria, Bapak. H. Sahroni, Ibu Hj. Ade Mutiarawati, , Bp. Rudy Winarso, dan Yayat Ruhiyat ( ke 8).

 

Bapak/Ibu sekalian, warga SMP N 20 Bekasi yang saya banggakan,

Hari Jum'at tanggal 5 Juni 2020 mungkin hari terakhir bagi anak-anak kelas 9 Tahun Ajaran 2019 /2020 belakar di sekolah ini. Namun, segala apa yang telah kita lalui bersama merupakan kenangan terindah yang tak akan terlupakan. Ada banyak hal yang belum sempat kami berikan kepada kalian. Namun demikian, mudah-mudahan dengan ilmu yang telah diajarkan di sekolah ini bisa menjadi bekal buat kehidupan kalian dimasa depan nanti.

 

Anak-anaku sekalian,

Sungguh kalian adalah panutan yang baik bagi kami. Kalian telah memberi prestasi bagi sekolah kami. Sekarang ini mungkin hari terakhir kebersamaan kita, tapi bukan berarti hari terakhir hubungan silaturahmi kita dalam hal lainnya, mungkin suatu saat kita akan bersama kembali walau dalam hal atau hubungan lain, bukan seperti sekarang hubungan antara guru dan murid/siswa.  Kebersamaan kalian yang membuat sekolah kita menjadi kuat, dan berprestasi dalam membangun nama baik sekolah kita.

 

Anak-anaku sekalian khususnya anak2ku kelas 9.

 

Perpisahan itu akan selalu ada, karena kita pernah berjumpa, bersama, dalam canda, tawa dan bahagia. Setiap tetes air mata yang tertumpah di hari ini, akan menjadi saksi atas jalinan erat yang selama ini kita simpul seerat-eratnya.

          Setiap pertemuan yang indah pasti akan berakhir dengan sebuah perpisahan, karena dalam kehidupan ini tiada yang abadi, perpisahan ini akan menyakiti, tapi aku yakin hal itu akan membuat kita bahagia di kemudian hari

 

          Sebuah ungkapan yang tak asing lagi bagi kita, “dimana ada pertemuan, disitu ada perpisahan”. Tiga tahun lalu kalian bertemu di tempat ini. Tepatnya tanggal 17 Juli 2017 adalah awal perjuangan kalian di sekolah ini. Kalian mulai diajarkan disiplin dan peraturan tata tertib, di tempat ini dimulai dengan mengikuti MOS/MPLS dan Persami serta kegiatan Ekstra kurikuler yang begitu padat.  

          Memasuki akhir pelajaran kelas 9 kalian dihadapkan pada masa yang sangat tidak diharapkan musibah Pandemi Covid-19 sehingga proses belajar kalian di rumah, Ujian Nasional dan Ujian Sekolah ditiadakan, dan dinyatakan Lulus tanpa ada Ujian.  Dan ditempat ini pulalah kita berpisah. Inilah takdir manusia yang tak terelakkan. Kita tak bisa melawan waktu. Biarlah waktu itu berlalu seiring dengan linangan air mata kami.

    

Anak-anaku tercinta, satu pesan buat kalian. Kalian adalah alumni-alumni terbaik, yang mempunyai karakter baik. Perlihatkanlah sifat baik itu kepada orang-orang di luar sana. Buatlah hal itu menjadi ciri khas bagi alumni sekolah kita. Jagalah nama baik sekolah kita dimanapun kalian memijakkan kaki. Luapkan kegembiraan kelulusan dengan sujud syukur Insya Allah jika kita bersyukur akan diberi nikmat yang lebih besar.Tetapkanlah hati dan pikiran kalian dalam kejujuran dan kebenaran, niscaya kalian akan menjadi orang-orang yang sukses dan berhasil di masa depan. Selamat jalan anak-anaku sekalian! Semoga Tuhan mempertemukan kita kembali di masa yang akan datang.

 

Ibu, bapak serta anak-anaku sekalian,

Akhir kata, saya sampaikan sekali lagi selamat bagi yang lulus dan terima kasih kepada seluruh warga SMP Negeri 20 Bekasi, baik itu siswa, staf administrasi, staf pengajar, pembina OSIS, Wakil Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Pengawas Pembina dan warga lainnya, bahwa semuanya masih mau memberikan dukungannya untuk SMPN 20 kita tercinta ini.

 

Semoga kita semua dapat mencapai apa yang kita cita-citakan agar SMP kita  menjadi sebuah lembaga pendidikan yang dapat berkiprah di tataran Kota, Provinsi maupun Nasional. Mudah-mudahan  pesan dan kesan ini, dapat mendatangkan berkah dan manfaat kepada kita semua. Dalam kesempatan ini pula kami serahkan kembali peserta didik kelas 9 SMP Negeri 20 Bekasi tahun pelajaran 2019-2020 kepada orang tua masing-masing untuk menjaga dan mendidik ditingkat yang lebih tinggi lagi. Sekali lagi, selamat jalan anak-anaku sekalian !..

 

Pesan untuk Anak-anaku :

  1. "Hiduplah secara sederhana. Bermimpilah yang besar. Bersyukur. Berilah cinta. Tertawalah yang banyak." -( Paulo Coelho )
  2. "Kamu tidak perlu menjadi luar biasa untuk memulai, tapi kamu harus memulai untuk menjadi luar biasa." - (Zig Ziglar )
  3. "Kesuksesan adalah hasil dari kesempurnaan, kerja keras, belajar dari pengalaman, loyalitas, dan kegigihan." - (Colin Powell)
  4. "Satu-satunya sumber dari pengertahuan adalah pengalaman." -(Albert Einstein)
  5. "Beberapa orang memimpikan kesuksesan, sementara yang lain bangun setiap pagi untuk mewujudkannya." - (Wayne Huizenga)
  6. "Diam adalah sumber dari kekuatan yang luar biasa." - (Lao Tzu)

 

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Terima kasih.
Bekasi,  Juni 2020


Yayat Ruhiyat, S.Pd. MM.
Kepala Sekolah

Komentar

Terima kasih telah di terima di smp 20 melalui jalur zonasi

Terima telah diterima di smp 20 melalui jalur zonasi

Saya Sangat Bangga kepada guru guru semua yang telah berjuang sampai saat ini Semoga ibu dan bapak guru diberikan Panjang Umur dan Sehat Selalu Aamiin...

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
ALUR PRA PENDAFTARAN/PENGAJUAN AKUN

Berikut adalah penjelasan dari alur pelaksanaan PPDB SMP di Kota Bekasi periode 2020 / 2021. https://bekasi.siap-ppdb.com

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 3163 kali
Info Seputar PPDB SMA SMK 2020

 

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 1895 kali